Dewan Anak Wajo

Dewan Anak adalah merupakan wadah partisipasi aktif anak Indonesia, tempat dimana anak-anak/remaja bisa menyampaikan aspirasi, gagasan, ide dan pendapat mereka yang berkaitan dengan seluruh aspek yang berkaitan dengan tumbuh kembang dan kehidupan mereka.

Anak sebagai tunas, potensi, dan generasi muda sebagai penerus cita-cita perjuangan bangsa, memiliki peran strategis dan mempunyai ciri serta sifat khusus yang menjamin kelangsungan eksistensi bangsa dan negara pada masa depan. Dewan Anak Wajo sebagai mobilisasi masa depan anak.

Pendirian DEWAN ANAK WAJO berawal dari cakrawala berfikir kelompok yang berkembang begitu pesat di remaja, kemudian mereka secara kritis telah mampu melihat bahwa perkembangan kehidupan masa yang akan datang sangat bergantung kepada sejauh mana orang dewasa mampu membuat kehidupan anak hari ini jadi lebih baik. Hanya saja realitanya begitu memperlihatkan karena masih belum banyak orang dewasa, masyarakat dan organisasi baik swasta maupun pemerintah yang menempatkan issue pemenuhan dan perlindungan anak menjadi persoalan penting. Disisi lain, bagitu banyak kebijakan yang diambil belum sepenuhnya berpihak kepada kepentingan anak.

Dengan Tujuan mendorong perubahan tersebut, muncullah ide untuk membentuk sebuah wadah yang mampu menampung berbagai ide dan gagasan anak terhadap kehidupan anak. Mengorganisir diri adalah salah satu kata kuncinya. Hal ini sejalan dengan yang prinsip dasar hak-hak anak yaitu “hak untuk berpartisipasi”.

Maka pada bulan Oktober 2012, dengan di fasilitasi oleh KOPIASMARA (Komite Perlindungan Dan Pusat Studi Anak),Kantor Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Wajo, maka diadakanlah kegiatan Kongres Anak  yang pada gilirannya menjadi cikal bakal terbentuknya Dewan Anak Wajo dengan kepengurusan periode 2012-2014 yaitu Andi Agus Salim  sebagai Ketua, untuk mewujudkan keorganisasian yang kuat, maka bersamaan dengan itu Kepengurusan Dewan Anak Wajo ditetapkan melalui Surat Keputusan Bupati Wajo

Sejak saat itu berbagai kegiatan dan program telah di susun.

 

Sumber : http://pelajarpro.com/dewan-anak-wajo/

Tataroi adatta' :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s