Masih Perlukah Melaksanakan UN dari Tingkat SD-SMA?

Jika pertanyaan ini diberikan kepada siswa SD-SMA, tentunya mereka akan menjawab “TIDAK”. Ya, UN memang merupakan penentu berhasilnya seorang siswa lulus dari bangku pendidikan SD-SMA dengan bebarapa rumus pengolaan nilai yang dianggap sangat menakutkan, akan tetapi penilai terhadap UN ini hanya tanggapan eksternal dari siswa. Tentunya kita tahu bahwa UN ini tidak hanya di adakan saja, akan tetapi pasti ada kesepakatan sendiri dari blog yang menentukannya.

Masih perlukah melaksanakan UN dari tingkat SD-SMA? Menurut kami sendiri, sebagai siswa yang duduk dibangku SMA beranggapan UN ini sudah tidak dibutuhkan lagi untuk penentuan kelulusan. Jika dilihat dari faktor internalnya sendiri, UN ini banyak memakan biaya dan tentunya pelaksanaan yang besar-besaran di seluruh Nusantara secara serempak yang memakai tenaga kerja besar, baik dari penyelenggaranya sendiri, para pembantu penyelanggara, dan tentunya siswa itu sendiri. Coba kita bayangkan, selama 6 tahun (SD), 3 tahun (SMP & SMA) belajar yang dilaksanakan hanya ditentukan dari beberapa hari terhadap kelulusannya, ya memang pemikiran ini secara sempit akan tetapi bisa dijadikan sebagai pegangan kuat untuk masalah ini. Memang UN bukan penentu utama dari kelulusan, ada bebarapa penilaian lainya, tetapi UN bisa kita kategorikan sebagai nilai utama.

Berfikir logis secara eksternal, UN ini sudah menjadi objek paling menakutkan untuk pelajar, sudah banyak kasus dari UN ini, ada bunuh diri, ada putus sekolah bukan karena alasan ekonomi, dll yang hanya dianggap keharusan /berupa budaya setiap waktunya dan hasilnya kurang lebih 85% yang berbuat curang dalam pelaksanaanya, dan tentunya karena ini membuat keterpurukan untuk berbuat curang. Mengapa UN tidak dihilangkan saja? Mengapa UN harus ada? Tentunya kita ingin tahu alasannya.

Kami yang hanya tahu berkomentar dan beranggapan setengah-setengah ini masih sangat ingin tahu akan jawaban dari semua pertanyaan.

Tataroi adatta' :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s